22 Tempat Wisata di Bandung Yang Keren Banget

Gedung Sate Bandung
Bandung itu salah satu kota di Indonesia yang memiliki daya tarik tersendiri. Selain banyak tempat wisatanya, dan distro-distro keren asli produk Bandung, Bandung juga banyak dikenal masyarakat sebagai Kota kembang dengan cewenya anu gareulis. Gak jarang banyak orang menghabiskan waktu liburannya untuk berkunjung ke berbagai tempat wisata yang ada di Kota Bandung. 

Apalagi akses menuju Kota Bandung ini sudah cukup mudah dengan adanya tol cipularang. Kalau kamu mengunjungi Bandung, kamu bisa menikmati dengan keindahan alam, wisata kuliner, dan tempat berbelanja seperti distro serta factory outlet yang murah. Nah kali ini bolangroyal.blogspot.com akan memberikan beberapa referensi 23 tempat wisata di Bandung yang keren banget. Penasaran Gak? Yuk simak.


1. Bukit Moko

Bukit Moko (foto via wisatabagus.co)
Bukit Moko salah satu tempat yang udah gak asing lagi buat penduduk Bandung maupun luar Bandung. Bukit ini punya ketinggian 1.500mdpl, di puncak moko ini kamu bisa melihat keindahan kota Bandung saat siang maupun malam hari. Buat kesini gak mudah karena rute jalan dan kontur jalan yang cukup menanjak dan kurang bagus. Tapi jika sudah sampai atas rasa lelah kamu bisa terbayarkan sama keindahan alam yang disuguhkan.



2. Tebing Keraton

Tebing Keraton (foto via pegipegi.com)
Nah ini salah satu tempat wisata di Bandung yang terbilang cukup baru, kamu bisa melihat pemandangan indah hutan Bandung dari ujung tebing yang bernama tebing keraton. Tebing keraton berada di daerah Dago atas dan satu arah dengan jalan ke Tahura atau taman hutan raya Ir H Juanda. Untuk cara sampai ke tebing keraton kamu harus melewati jalan yang kurang bersahabat dan cukup menanjak, motor matic kadang kurang kuat untuk menanjak jika berboncengan. Tiket masuknya sekitar Rp 11.000 belum dengan biaya parkirnya ya. Untuk kesini disarankan pada pagi ataupun sore hari dan memakai jaket dan sepatu.

3. Kampung Gajah


Kampung Gajah (foto via : katalogwisata.com)
Tempat wisata yang satu ini ada di daerah Bandung Utara. Kampung Gajah adalah satu dari sekian banyak tempat wisata di Bandung yang bisa kamu kunjungi waktu berlibur ke Bandung. Di tempat wisata yang satu ini kamu bisa temuin banyak wahana dan permainan buat anak-anak maupun orang dewasa. Gak cuma itu, kalau kamu berkunjung ke tempat ini, kamu bisa melihat pemandangan alam yang menakjubkan saat perjalanan kesini. Suhu udara di Kampung Gajah juga sangat sejuk. Beberapa permainan di tempat wisata yang satu ini adalah Mini ATV, Formula Kart, Water Boom dan masih banyak lagi permainan lain. Kalau kamu laper, di tempat wisata Kampung Gajah juga ada foodcourt yang bisa kamu datengin.

4. Landmark Jalan Braga “Bandung Tempo Dulu”

Jalan Braga Bandung (foto Via bonjourbag.com)
Wisata yang satu ini harus kamu kunjungi pas jalan-jalan di Kota Bandung. Landmark Braga merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang mengandung unsur sejarah. Lokasi tempat wisata di Bandung ini berada tepat di Jl. Braga Bandung. Tempat ini penuh dengan cerita sejarah yang kuat. Tempat ini beda banget sama tempat lainnya di Kota Bandung, karena nuansa tempo dulu sangat kental di tempat ini. Hal ini bisa kamu lihat dari bangunan-bangunan yang berdiri kokoh di area tersebut. Selain sebagai tempat yang bersejarah, tempat tersebut juga sebagai simbol seni di Kota Bandung. Bangunan landmark ini sampai saat ini masih digunakan untuk mengadakan event seperti pameran buku dan computer. Kamu juga bisa menemukan lukisan-lukisan bagus dari para seniman handal disini. Disini kamu bisa menikmati jalan sembari menikmati kuliner yang ada.

5. Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu (foto via thebandungtour.com)
Tempat wisata di Bandung ini merupakan wisata alam berupa Gunung. Tangkuban Perahu sudah terkenal di masyarakat baik warga Bandung maupun Luar Bandung. Panorama alamnya yang bisa dibilang cakep banget, membuat banyak orang berkunjung ke tempat ini. Wisata ini berada tepat di Cikole, Lembang, Bandung. Disebut sebagai Gunung Tangkuban Perahu karena bentuknya yang sangat mirip dengan perahu yang terbalik. Berdasarkan mitos yang beredar, gunung tersebut terbentuk karena kisah Sangkuriang yang ingin menikahi ibu kandungnya sendiri. Kalau kamu mau berkunjung ke Gunung Tangkuban Perahu, gak perlu bingung deh dengan transportasi, karena banyak transportasi menuju kesana. Tangkuban Perahu juga termasuk tempat yang cukup romantis, ada beberapa orang yang melakukan foto pre-wed disini. Kalau kamu mau beli oleh-oleh, disini kamu juga bisa beli dengan harga yang cukup murah.
6. Arena Pemancingan Bonita

Arena Pemancingan Bonita (foto Via info-wisatadibandung.blogspot.co.id)
Arena Pemancingan Bonita adalah salah satu tempat wisata yang pas untuk dikunjungi sama yang hobi memancing. Area pemancingan yang berlokasi di Jalan Masturi ini bisa jadi tempat untuk menghilangkan kebosanan dan kepenatan (cailah); tidak perlu takut bagaimana harus menuju ke sananya, karena tempat yang berada di Lembang ini bisa dijangkau dengan banyak transportasi. Selain arena pemancingan yang bisa dinikmati, ada fasilitas permainan lain seperti play ground, outbond, mini zoo, serta flying fox.

7. Monumen Bandung Lautan Api

Monumen Bandung Lautan Api (Foto Via Sebandung.com)
Monumen Bandung Lautan Api yang lokasinya ada di Jalan M. Toha ini juga bisa dikunjungi kalau kamu suka sama hal-hal berbau sejarah. Monumen yang dibangun dengan tinggi 45 meter dengan 9 bidang sisi ini ditujukan buat memperingati hari peristiwa Bandung Lautan Api di mana Bandung Selatan dibumihanguskan dan pemimpinnya adalah Muhammad Toha. Setiap 23 Maret datang, monument ini pun menjadi pusat perhatian gak cuma buat masyarakat Bandung tapi juga buat wisatawan.

8. Museum Konferensi Asia Afrika

Museum Konferensi Asia Afrika (Foto Via wee-wee.info)
Museum Konferensi Asia Afrika termasuk juga di dalam tempat wisata di Bandung yang bisa kamu kunjungi waktu jalan-jalan ke Bandung. Museum yang ada di Jalan Asia Afrika ini ada di samping Gedung Merdeka yang digunakan sebagai tempat memorabilia Konferensi Asia Afrika. Latar belakang pembangunan museum ini dibangun atas ide Prof. Dr. Mochtar Kusumaadtmadja, S.H., LL.M yang merupakan Menteri Luar Negeri RI pada jaman itu. Peresmian museum ini dilakukan tanggal 24 April 1980 dan memang tepat dengan peringatan Konferensi Asia Afrika yang menginjak 25 tahun.

9. Kolam Renang Air Panas Cimanggu


Kolam Renang Air panas Cimanggu (Foto via Sebandung.com)
Kolam Renang Air Panas Cimanggu terdapat di daerah Bandung Selatan. Daerah wisata satu ini punya dataran landai serta agak bergelombang ditambah dengan pesona alamnya yang khas Bandung. Disini pas banget buat tempat relaksasi apalagi dengan adanya areal pemandian air panas yang tepatnya berlokasi di kawasan Ciwidey-Pangalengan. Tiket masuk per orangnya adalah seharga Rp. 5.500 ditambah asuransi, tiket masuk kendaraan roda 6 seharga Rp. 5 ribu, tiket masuk kendaraan roda 4 seharga Rp. 3 ribu, harga tiket kendaraan roda 2 seharga Rp. 1.000, serta tiket kamar rendam yang seharga Rp. 5.500.

10. Lawangwangi

Lawangwangi Cafe (Foto Via Indonesia-tourism.com)
Melihat galeri seni sambil santai-santai di cafe? kamu bisa datengin galeri seni yang satu ini, Lawangwangi. Disini kamu disuguhkan koleksi galeri seni yang chakep ditambah kuliner enak yang siap kamu santap. Lawangwangi dibuka untuk umum pada tahun 2012 lalu, lokasinya terletak di Jalan Dago Giri, cocok buat kamu yang mau kongkow sambil menikmati keindahan dan kuliner yang ada bersama keluarga, sahabat, maupun kekasih tentunya.

11. Pemandian Air Panas Ciater


Pemandian Air Panas Ciater (Foto via Wisatamu.com)
Pemandian Air Panas Ciater yang ada di Bandung Utara merupakan salah satu tempat wisata di Bandung yang favorit buat keluarga; ada di Desa Ciater Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang, tempat ini gak mahal buat kamu nikmati. Seluas 30 Ha, Wisata Sari Ater Hot Spring ini gak cuma khas sama pemandian air panas, tapi pesona alam pegunungan juga bisa buat kalian makin relaks. Fasilitasnya pun seabrek; ada 103 kamar dan bungalow yang tipenya bermacam-macam, olahraga dan adventure baik untuk dewasa dan anak-anak, kamar rendam air panas dengan harga tiket masuk antara Rp. 10 ribu hingga Rp. 40 ribu, serta di dekat area pemandian air panas juga terdapat bar serta restoran untuk bersantap.
12. Taman Bunga Cihideung


Taman Bunga Cihideung (Foto Via narty47.blogspot.co.id)
Taman Bunga Cihideung ada di daerah Bandung Barat dan buat kamu yang seneng dengan tanaman, apalagi beraneka ragam bunga, kamu bisa dateng ke tempat wisata yang ada di kecamatan Parongpong ini. Disini banyak berbagai jenis tanaman bunga, baik itu tanaman potong atau tanaman hias. Mata kamu dimanjakan sama macem-macem jenis bunga disini seperti aster, gladiol, mawar serta krisan dan masih banyak lagi.

13. Wisata Kebun Strawberry

Kebun Strawberry (Foto Via ragamtempatwisata.com)
Siapa suka strawberry? Apalagi kamu bisa memetik strawberry sendiri, nah kamu bisa dateng ke Kebun Strawberry di Bandung yang satu ini. Wisata kebun yang ada di kawasan Ciwidey ini memang tempat buat wisatawan penggemar buah stroberi, tapi lebih direkomendasikan untuk datang ke sini pas musim kemarau. Kualitas buah stroberi paling bagus waktu musim kemarau dan tiket masuknya dikenakan biaya sebesar Rp. 5 ribu plus diberi 1 cup jus stroberi. Kalau ingin membeli stroberi hasil petikan sendiri, harga rata-rata per kg-nya adalah antara Rp. 35 ribu hingga Rp 45 ribu. Sesampainya di sana, ada kurang lebih 7000 pohon yang ada di pollybag.

14. Saung Angklung Udjo


Pagelaran Angklung di Saung Angklung Udjo (Foto Via tempatwisatadibandung.info)
Tempat ini dikenal sebagai tempat pertunjukan, workshop instrument musik dari bambu, serta pusat kerajinan tangan. Segala kebudayaan khas Sunda juga dipelihara di pusat belajar dan laboratorium pendidikan di sini. Berlokasi di Jalan Padasuka, kalian bisa menonton pertunjukan rutin Saung Angklung Udjo yang ada setiap sore. Disini kamu juga bisa mencoba bermain angklung loh. Saung angklung didirikan pada tahun 1967 oleh seniman bernama Udji Ngalagen dan Uum Sumiati. Harga tiket masuknya sekitar Rp 60.000 dan untuk para bule sekitar Rp 100.000.

15. Kebun Binatang Bandung

Gerbang Kebun Binatang Bandung (Foto Via : Sebandung.com)

Kebun Binatang Bandung juga adalah tempat wisata lainnya yang ada di Bandung. Kamu disini bisa menikmati pemandangan hewan-hewannya, wahana rekreasi pun juga ada disini seperti kolam untuk perahu dan perahu bebek, taman bermain, serta flying fox. Kebun binatang ini lokasinya dekat dengan sungai Cikapundung dan kampus ITB, yaitu di Jalan Tamansari dan buka dari jam 7 pagi sampai 6 sore. Biaya masuk untuk pengunjung berusia 3 tahun ke atas adalah sebesar Rp. 20 ribu per orang, kalau untuk anak di bawah 3 tahun tidak dikenakan biaya masuk.

16. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung (Foto Via : tempatwisatadijawabarat.com)

Siapa sih yang gak tau Trans Studio Bandung? Tempat ini merupakan tempat wahana indoor terbesar di dunia yang pernah dibuat. Dibuka belum lama ini yaitu tahun 2011 dan gak butuh waktu lama menarik perhatian wisatawan. Cocok buat berbagai usia dengan tiket masuk sekitar Rp 150.000 – Rp 250.000. Disini juga kamu bisa menikmati kuliner yang tersedia di Trans Studio Mall.
Dusun Bambu

17. Dusun Bambu

Pagelaran angklung di Dusun Bambu Lembang Bandung (Foto Via : bartuder.com)

Lokasi Dusun Bambu ada di kaki Gunung Burangrang Lembang, Bandung. di tempat wisata yang satu ini kamu bisa menikmati restoran, villa, dan berbagai aktifitas lain seperti bersepeda dan camping. Terletak di Jl Kertawangi, tempat ini menyuguhkan pemandangan hijau dan sejuk khas Bandung. Untuk masuk kesini dikenakan biaya masuk sekitar Rp 15.000 per orangnya.

18. Stone Garden

Stone Garden Bandung (Foto via : infotujuanwisata.com)

Stone Garden adalah salah satu destinasi wisata yang saat ini populer. Bukit yang penuh dengan bebatuan alam menjadikan Stone Garden spot untuk berfoto dengan background alam yang indah.

Stone Garden bertempat di daerah Padalarang Bandung, jika dari daerah Bandung kota bisa ditempuh dalam waktu sekitar satu jam. Sebenarnya bisa dikatakan cukup sulit untuk yang pertama kali ingin kesana, karena papan petunjuk menuju kawasan wisata alam Stone Garden masih terbilang sederhana.

Jika Kamu pernah melewati Padalarang apa ingat tempat yang banyak gunung batu dan pabrik-pabrik batu? Nah Letak Stone Garden ga jauh dari sana, Anda bisa bertanya ke warga setempat atau jika Anda berkendara minta teman boncengan untuk selalu melihat setiap ada belokan ke arah kanan (jika dari arah Bandung kota), karena papan petunjuknya masih sederhana dan alakadarnya dari kayu yang ditulis manual. Buat masuk kesini kamu dikenakan biaya Rp 8.000 per orangnya.

19. Batu Kuda

Situs Batu Kuda (Foto Via hotelgeulisbandung.com)

Bandung punya hutan pinus yang awesome yang terletak di desa Cibiru Weta, Ujung Berung. Disini kamu bisa melakukan banyak aktifitas seperti camping, sepedahan, trekking dan lainnya. Hutan pinus yang indah ditambah udara sejuk Bandung ngebuat kamu dijamin betah santai-santai lama disini.

Untuk mencapai daerah wisata perkemahan Batu Kuda, bisa dilewatidari beberapa jalur, saya sarankan bagi yang pertama kali berkunjung ke objek wisata ini, apalagi yang dating dari luar kota Bandung, lebih baik lewat jalur Cileunyi, tepatnya lewat jalan yang belok kiri sebelum jl. Percobaan Cileunyi kab. Bandung (setelah terminal cileunyi jika dari arah garut/sumedang). Jika dari arah kota Bandung berarti ujung atau akhir dari Jl.Percobaan Cileunyi (jalan satu jalur), belok kanan. Saya sarankan jalan ke situ karena tidak akan menemukan belokan, tinggal ikuti jalan itu sampai ke gerbang Batu Kuda. Saking mudahnya jalur ini untuk sampai ke lokasi Batu Kuda, tidak perlu bertanya pada penduduk sekitar untuk sampai ke lokasi wisata, karena ujung jalan ini adalah gerbang Wisata Batu Kuda. Untuk tiket masuknya sendiri dikenakan biaya sekitar Rp 3.000.

20. Taman  Hutan Raya Tahura Ir Juanda

Taman Hutan Raya Tahura Ir Juanda (Foto Via : jotravelguide.com)

Jalan merupakan salah satu aktifitas baik buat kesehatan, nah aktifitas ini cocok banget buat kamu yang mau datengin tempat wisata di Bandung yang satu ini. Taman  Hutan Raya Tahura Ir Juanda terletak di daerah Dago Pakar, ada sebuah jalur trekking yang dikelilingi pepohonan hijau, rindang dan udara yang sejuk. Di taman yang cukup luas ini juga terletak goa-goa peninggalan jepang yang jika masuk kedalemnya kamu bakal ngerasain udara yang cukup dingin. Selain jalan sambil menikmati pemandangan yang indah kamu bakal disuguhin spot-spot baru dijalannya, seperti goa-goa sampai air terjun. Untuk trekking bulak-balik bisa memakan waktu sekitar 1-2 jam.

20. Selasar Sunaryo Art Space

Ngopi nyamanan di Selasar Sunaryo Art Space (Foto Via : selasarsunaryo.com)
Selasar Sunaryo Art Space awalnya tempat ini hanyalah galeri seni yang berisikan karya seni Sunaryo, seorang senimam Indonesia. Pada akhirnya galeri seni ini resmi menjadi galeri seni yang terbuka untuk umum. Banyak acara yang diadakan disini yang berkaitan dengan seni, disini juga terdapat teater seni yang asri. Selain itu disini juga ada tempat ngopi yang enak yang dinamakan Kopi Selasar, berlokasi di daerah Dagi Pakar sangat cocok buat kamu yang mau santai-santai asik sambil menikmati karya seni yang ada sambil mencari inspirasi.

21. Kawah Putih

Kawah Putih Bandung (Foto Via : gobandung.com)

Kawah Putih adalah salah satu tempat wisata di Bandung yang populer, terletak di daerah Bandung Selatan. Tempat yang suhunya sangat dingin ini berada di ketinggian 2.400mdpl, jadi jangan lupa untuk membawa jaket dan sepatu. Danau putih indah ini walau dikelilingi udara yang sangat dingin namun memiliki air yang cukup hangat. Buka pukul 7 sampai 5 sore, dengan biaya masuk sekitar Rp 15.000 per orangnya. Ada 2 lokasi parkir yaitu parkir bawah dan parkir atas dekat dengan kawah. Buat yang biasanya rombongan menggunakan bis maka tidak bisa sampai keatas menggunakan bis, maka bisa parkir di bawah dan keatas menggunakan angkutan yang tersedia disana bernama ontang-anting dengan harga cukup murah sekitar Rp 13.000 per orangnya.

Baca Juga :  Tenangkan Pikiran Anda di Objek Wisata Kawah Putih Ciwidey

22. Floating Market Lembang

Floating Market lembang (Foto Via : idtempatwisata.com)

Tempat wisata Floating Market Lembang ini merupakan pasar terapung yang ada di Bandung. Lokasinya di daerah Lembang sekitar 30menit dari Tangkuban Perahu. Bukan pasar yang menjual sayur-sayuran seperti pasar pada umumnya, namun wisata kuliner ringan maupun berat seperti sate, sosis, dan masih banyak lagi. Uniknya disini, kamu harus membeli koin unik untuk membeli kuliner yang ada yang digunakan sebagai alat tukar. Disini juga tersedia wahana perahu-perahu yang disewakan untuk menjelajahi danau yang ada dengan biaya yang cukup murah. Untuk tiket masuk ke Floating Market Lembang Bandung kamu dikenakan biaya Rp 10.000 per orangnya, dan tiket tersebut bisa kamu gunakan untuk menukar minuman di dalam.

Nah itu dia 22 tempat wisata di Bandung yang keren banget, yang bisa kamu datengin, apakah ada tambahan ? silahkan tinggalkan komentar dibawa.
Previous Post Next Post